Selamat Datang di IPPP MKP UNCEN Portal News

Penting-Nya polah hidup sehat dan aktif berolahraga

Photo DOc. Ilust: Yulius kadepa bersamaan denagan,  Pelatih KONI kota Jayapur
Jaya pura (IPPPMKP UNCEN org) (Opini). -Pola hidup sehat merupakan suatu kebiasan yang dapat dilakukan  untuk terhindar dari berbagai penyakit yang mematikan dijaman sekarang ini. Kebiasaan yang buruk dapat mengakibatkan tubuh mudah sekali terkena penyakit. baik, di jalam, dirumah dan di lingkungan  sekitar kita.

Meskipun saat ini di bumi Papua, dengan menjalani pola hidup sehat tidak menjamin karena terjadinya  gizi buruk,  penyebab ekploitasi dan polusi modern, Namun berolaraga sangat di perluhkan agar stamina dan sinergi kita tertap pada stabil, dan selain memperkuat diri terhadap penyebab virus dan bakteri di sekitar lingkungan tersebut.


Mengapa pentingNya itu “berolahraga”?, karena brangkali merubah kebiasaan hidup dengan melakukan pola hidup yang sehat itu sulit, namun bila berkomitmen dan teguh pasti akan bisa menjalaninya.


Hidup sehat adalah gaya hidup yang sederhana. Bukan hanya memperhatikan pada pola makan dan  minum maupun pola kenikmatan, namun, bersandar pada pola beraktifitas sehari-hari, melakukan sesuai dengan standar Kekuatan, kemampuan dan kesehatan anda. “lakukan apa adanya” brangkali itu penting**


Pola hidup sehat sangat mudah untuk dilakukan, namun melihat akan terasa sulit karena, kita tidak memiliki niat untuk berolahraga. 


Olahraga adalah Aktifitas fisik yang dilakukan oleh seseorang untuk hidup sehat dan disampin itu,  sangat mudah untuk melakukan aktifitas berpikir hingga pada stablitas kesehatan, semangat dan sinerji kita,  juga akan mendorong, bermimpi besar dan meningkat akan rasahnya percaya diri untuk terus melangka yang bukan hanya bergumul. maka itulah yang bermaksud penting untuk berolahraga.


Bahkan kalo kita melakukan aktifitas Berolahraga, setiap hari secara teratur dan rutin maka, tubuh kita semakin meningkat yang dalam-Nya, Aman daya tahan tubuh dan daya bepikirnya,  juga dalam penguat tulang dan membakar lemak, hinggah  terhindar segala stress dan lain, banyak manfaat –Nya. Berolaraga adalah satu kunci yang bisa menciptakan “anti virus - spyware” anti ancaman pada tubuh.


Masyarakat Di Papua  Jauh Dari Pola Hidup Sehat


Realita Di Indonesia khususnya di papua, lajurnya Iptek yang semakin canggih dan terjamin ini,  sehingga, semua Masyarakat juga terus terjerumus dalam badai kemalasan,  yang bermaksud akan hilang-Nya,  melakukan aktifitas fisik dalam hal “berolahraga”  karena melihat  akibat Kesibukan yang begitu semakin padat, karena berderasnya Masalah Politik sudah berkipra hingga di polosok kampung”2,  Tanah,  Air, hutan dan bumi, dimana tempat masyarakat yang duluhnya berpijak, sebagai gudang hidup, khini tinggalnya selebar sejarah, dulunya asap sekarang sudah jadi polusi dan duluhnya “burung” yang bisa terbang kemana, hinggah sekarang jadi “ayam potong” yang punya sayap tapi tak berfungsi.


Karena apa, Pasti-Nya sudah tahu semua, tentu karena terjadinya perubahan  masa, namun bagaimana, dengan catatan bahwa, bagi yang ingin menjadikan burung, tentuhnya mereka terus melakukan rutinitas berolaraga yang lancar hinggah menghasilakn sinerjih yang cukup untuk mau terbang menyebrangi ke telaga hari yang lebih selanjutnya. Dan untuk ayam “inspirasilah sendiri*


Pentingnya Olahraga Bagi Masyarakat


Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani sehingga sangat Pentingnya menjaga dan mengatur pola hidup kita ini dengan baik.


Kunci kesehatan selaluh bergantung pada.  segi pola makan dan minum. namun berolah raga dan ber istrahat secara teratur juga sangat penting.


Tetapi hal ini tidak melakukan dengan baik maka, akan mendapatkan dampak negative yang buruk seperti, tubuh cepat terserang penyakit, cepat lelah dan berat hidup tidak akan teratur pada arah yang jelas.


Perlu juga diketahui bahwa.  sehat itu,  ada dua macam yakni: sehat dari segi jasmani dan sehat secara Rohani. Jasmani kita memang selalu dijaga, tetapi fisik kita lemah maka, segala Aktifitas yang kita lalukan juga selalu akan terganggu baik jasmani, maupun Rohani -Nya. Maka dari itu jagalah Kesehatan, karena kesehatan adalah sumber dari keduanya yaitu "berolahraga".


Wajib Pemerintah Papua, Perluh Diperhatikan Keadaan Kesehatan Di Mayarakat Di Daerah Pengunungan Khususnya


Papua saat ini, nilai – angka  kematian masyarakat sudah semakin tinggih setimbang angka kelahiran,  mengapa, sala satunya adalah kurangnya perlindungan kesehatan sehingga berita kematiap sudah terdengar di sana dan sini, ini tanggun jawab siapa?, 


Pemerintahan segera diharuskan buka mata dan perluh turung sosialisasi terhadap masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat bukan hanya mencantumkan misi " Papua mandiri dan sejahtra". sambil memfasilitas  obat – obatan dan tenaga medisnya pada tiap bulan terhadap masyarat tersebut ke polosok kampung – kampung .


Berdasarkan hal diatas, barangkali Pemerintahan  segera difocus dan ditindak lanjuti, karena kesehatan manusia, itu penting dari pembangunan ruko, tool dan mol.


Jika pemerintahan papua siap, perlu segera dilibatkan juga bersama  mahasiswa fakultas kesehatan masyarakat (FKM) dan jurusan Ilmu keolahragaan [FIK] dapat dilakukan secara maksimal supaya semakin meningkat Informasi yang dapatkan di masyarakat tentang kesehatan supaya mereka akan melakukan Aktifitas fisik maupun menjaga kesehatan.


Kami sebagai mahasiswa ilmu keolah ragaan  mendesak kepada pemerintah untuk lebih serius menangani berinvestasi pola hidup sehat di masyarakat karna sangat kurangnya poromosi/sosialisasi tentang  kesehatan dimasyarakat khususnya di pengunungan masyarakat dalam hal sehatan dan kesejahtraan masyarakat papua.


Beberapa Rekomendasi kebijakan dari pemerintah kepada mahasiswa  diantaranya, proses sertifikasi dan Kepastian Insturmen Akreditasi puskesmas dan juga lebih berorientasi kepada kinerja ketimbang sarana dan prasarana olahraga supaya masyarakat bebas untuk berolahraga agar tercipta sehatnya pola hidup masyarak juga setempat.


Demikian, karena hidup adalah hidup menghidupkan kehidupan, maka saya mendediksikan tulisan ini, agar kami juga, bisa merasahkan tentang apa rasahnya sehat itu, karena hanya dalam kesehatan yang sehat kita bolah memikul barang yang berat dan memperjuangkan kemenangan, sebab di suatu kompetisi diperluhkan orang sehat. Terima kasih**


Penulish adalah. YULIUS (idatagy) KADEPA, ia sedang miniti pendidikan dibidang,  Ilmu Keolahragaan (FIK), Uncen – Jaya pura - Papua, 


Team Editor. Admin.



Share this post :

Posting Komentar

PAPAN PENGUMUMAN

 
Support : PANIAI NEWS | Tabloid Jube.com | Kabar Mapegaa.com
Copyright © 2014. IPPP MKP UNCEN PAPUA - All Rights Reserved
Template by. Kdp TUWA. Published to. IPPP MKP UNCEN.
And Proudly powered. Paniai Government